Wednesday, October 12, 2011

Cara Mengamankan Data di BlackBerry

Ini posting kedua saya dalam blog ini :D
hanya sedikit sharing saja  untuk bisa mengamankan data anda di BlackBerry kesayangan anda :)
Tips ini saya ambil dari berbagai sumber, ya mungkin bisa sedikit membantu anda dalam mengamankan data-data anda semua dari tangan-tangan jahil yang ingin mengambil data anda tanpa sepengetahuan anda :D .
berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

1. Aktifkan Password Protection di BlackBerry
Ini adalah hal yang paling penting sebenarnya untuk di aktifkan, tentu saja fitur password ini  sengaja dibuat untuk pencegahan hal yang tidak diinginkan (pengambilan data tanpa izin). Kebanyakan pengguna BlackBerry terlalu malas atau malah enggan untuk mengaktifkan fitur password untuk melindungi BlackBerry-nya. Alasanya sederhana, karena mereka terlalu malas untuk mengetikkan Password ketika harus meng-unlock BlackBerry saat akan menggunakannya. Pada BlackBerry klik Menu [Option] – [Security Options] – [General Setting] kemudian set Password pada posisi Enable.

2. Amankan Password dengan Password Keeper
Tentu amat percuma jika anda menyimpan password tersebut di tempat yang dapat diketahui penyimpanannya, karena orang yang ingin mengambil data-data penting anda tentu juga pasti akan mencari tahu apa password yang anda ketik. Selalu gunakan Password Keeper untuk menyimpan password-password penting anda. Jadi, jangan pernah menyimpan password di Browser BlackBerry anda,.

3. PIN
 Identitas unik yang dimiliki oleh setiap handset BlackBerry ini ternyata tidak hanya berguna untuk berkomunikasi antar-pengguna BlackBerry. PIN juga bisa digunakan untuk mengirimkan data rahasia ke orang lain, tentu antar sesama pengguma BB. Untuk menggunakan fitur ini, masuk menu Message, pilih Compose PIN, masukkan PIN tujuan, isi pesan (termasuk foto), lalu kirim. Dengan cara ini, data yang dikirimkan menjadi lebih aman dibandingkan mengirim pesan lewat email atau handphone.

4. Content Protection. 
Proteksi data dengan Content Proteksi bekerja layaknya program enkripsi data di komputer. Dengan memasang Content Protection, semua data yang ada di BlackBerry terlindungi dan hanya bisa diakses dengan memasukkan kata kunci tertentu. Saat kita melakukan proteksi, semua data terenkripsi. Data yang sudah dilindungi ini akan tampil dengan ikon gembok tertutup. Sebaliknya, saat ingin dibaca, data akan di-denkripsi terlebih dahulu, lalu muncul ikon gembok terbuka. 

5. Enkripsi Data Di Bluetooth
Fitur enkripsi ini juga bisa anda terapkan pada Phone Book Anda, sehingga nomor-nomor penting dan rahasia di BlackBerry akan lebih aman. Pada BlackBerry klik Menu [Option] – [Security Options] – [General Setting] pada Content Protection set Enable kemudian pilih Strenght pada posisi strong, stronger atau strongest sesuai dengan kebutuhan anda. 

6. Matikan Bluetooth jika tidak diperlukan
Untuk mencegah terjadinya Bluetooth hacking atau penyebaran Bluetooth Virus. Dalam kondisi default, Bluetooth di BlackBerry ada dalam posisi ON, untuk itu ada baiknya bila anda segera mematikan Bluetooth bila memang tidak sedang anda pergunakan.

7. Bersih-bersih Memory
Klik Menu [Option] – [Security Options] – [Memory Cleaning] ini berguna membersihkan (cache) dari data-data penting misalnya password atau email yang tidak dienkripsi pada memory Blackbery anda.

8. Hapus Data
Bila Anda berniat menjual BlackBerry, pastikan semua data didalamnya sudah dihapus sehingga pengguna berikutnya memiliki handheld tanpa data apapun. Anda bisa menggunakan Memory Clean, tapi terkadang fitur ini tidak menghapus semua data. Untuk memastikan semua data terhapus, masuk ke Security Options yang ada di menu Options. Lalu ke General Settings, tap logo BB, lalu pilih Wipe Handheld. Setelah itu, semua aplikasi data dan layanan lainnya akan dihapus dari BB.

Selamat mencoba, dan yang paling penting adalah selalu pastikan bahwa BlackBerry anda selalu berada di pengawasan anda sendiri (cara yang sangat aman bagi saya untuk mengamankan data pada BlackBerry) :D

No comments:

Post a Comment